butuh tukang bangunan?? #butuh tukang listrik?? #butuh tukang baja ringan?? hubungi 0813-7750-1213 #pantau dan dukung situs staniacivil.com dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.082281139688 #membutuhkan tukang buat rumah, tukang listrik, dll. hub.0813-7750-1213 Panel LVMDP - STANIA CIVIL

JASA KELISTRIKAN DAN BANGUNAN

ardy stania sukses

Panel LVMDP

Mengenal Panel LVMDP 

Mentok-Bangka barat - LVMDP adalah singkatan dari Low Voltage Main Distribution Panel atau panel utama distribusi tegangan rendah. Panel ini merupakan pusat kendali energi listrik pada sebuah bangunan atau gedung.

Fungsi utama LVMDP ini adalah pengolahan dan pemeriksaan tenaga listrik sebelum  didistribusikan Kepemakainya.

Pengertian dan Fungsi LVMDP

Panel LVMDP bekerja di dalam arus tegangan rendah, fungsinya menyalurkan tenaga utama untuk keseluruhan instalasi listrik pada Sebuah bangunan/gedung.

Panel LVMDP Tempat pemeriksaan utama daya pada sebuah bangunan/gedung.
Pusat kendali kelistrikan ini menjadi panel yang menerima information dari transformer 20 Kv – 380 Volt, lantas mendistribusikannya ke sub-panel LVSDP. Lalu LVSDP dapat meneruskan daya ke peralatan listrik lainnya,seperti lampu, AC, mesin pompa,dan lain-lain.

Jenis-jenis LVMDP yang Perlu Diketahui
Pada prakteknya, komponen panel LVMDP punyai lebih dari satu type sesuai kebutuhan. 

Main Distribusi Panel(MDP)

MDP  penyalur tenaga PLN sebagai sumber utama dan genset sebagai sumber tenaga darurat disempurnakan proses switching. Panelnya tidak punyai kendali atas genset maupun trafo PLN, sedang pengoperasiannya bisa dengan mode manual atau otomatis melalui selector swicth.

Automatic main failure(AMF)

AMF biasa juga disebut Genset Control Panel. Fungsinya adalah sesuaikan dan menyalurkan tenaga dari gensel. Panelnya juga sanggup mengontrol genset (start – running – stop) supaya daya sanggup sesuai kebutuhan.
Sakelar transfer otomatis atau ATS-AMF otomatis punyai manfaat sebagai pengendali, pemindah, dan penyalur tenaga dari PLN atau genset bersama proses sakelar. Panelnya sanggup lakukan pemeriksaan genset supaya sanggup sesuai kebutuhan.

Automatic Transfer Switch (ATS)

 ATS adalah saklar transfer perpindahan sumber listrik secara otomatis. Misalnya perpindahan dari sumber listrik PLN ke sumber listrik dari genset atau pembangkit lainnya.  

Switchgear

Adalah sistem protect yang dirancang khusus untuk menjaga kontinuitas catu daya dan peralatan yang digunakan. Switchgear adalah switchboard yang mendistribusikan beban ke subpanel kapasitas kecil secara aman ke seluruh fasilitas.

Panel pemeriksaan motor

Manfaatnya sebagai pusat kendali supaya bisa dioperasikan dengan mudah dan aman,  Panelnya sendiri kebanyakan terletak pada satu panel utama dan sanggup mengoperasikan lebih dari satu motor listrik.

Komponen Panel LVMDP

Berikut ini adalah komponen-komponen yang terdapat pada LVMDP.

1. Air Circuit Breaker(ACB)

Air circuit breaker merupakan penutup sirkuit mengfungsikan sarana pemadam busur api berwujud udara. ACB sendiri digunakan pada tegangan rendah dan menengah, nantinya hawa tekanan area atmosfer digunakan untuk peredam busur api akibat witching atau gangguan.

2. Oil Circuit Breaker (OCB)

Oil circuit breaker atau OCB adalah type penutup sirkuit yang mengfungsikan minyak untuk sarana pemadam busur api saat terjadi gangguan. Ketika terjadi busur api, maka minyak di dekatnya dapat menjadi uap. Busur api dapat dikelilingi gelembung uap minyak dan gas.
Gas yang nantinya terbentuk selanjutnya membawa sigar konduktivitas termal yang baik bersama tegangan ionisasi tinggi. Oleh dikarenakan itulah komponen panel LVMDP ini terlalu bagus kecuali digunakan untuk bahan fasilitas pemadaman loncatan bunga api.

3. Mini Circuit Breaker (MCB)

Mini Circuit Breaker (MCB) berfungsi untuk pengamanan arus lebih yang terjadi dikarenakan adanya jalinan pendek. Prinsip dasar kerjanya adalah memutus jalinan dikarenakan beban lebih bersama relai arus lebih.

4. Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)

Moulded Case Cirvuit Breaker (MCCB) pada komponen panel LVMDP merupakan alat pengamanan di dalam proses pengoperasiannya. Terdapat dua manfaat utama dai MCCB yakni pengamanan dan alat penghubung.
MCCB sebagai pengaman punyai manfaat untuk mengamankan problem arus hubung singkat dan juga arus beban lebih. Pengaman ini juga membawa kemampuan pemutusan yang sanggup diatur sesuai keinginan pada jenis-jenis tertentu.

5. Grounding

Komponen panel LVMDP ini punyai manfaat sebagai pengaman listrik akibat kabel yang terkelupas dan perihal body part alat elektronik. Dengan adanya komponen ini, aliran listrik yang tidak berfungsi sanggup dibumikan.

6. Current Transformer(CT)

Current Transformer (CT) merupakan komponen panel kelistrikan terbuat dari baja atau metal bersama bentuk lingkaran atau gelang persegi yang berlubang di anggota tengah. Fungsinya sendiri adalah penurun arus dan tegangan di dalam box panel.

7. Ground Foult Circuit Interruption (GFCI)

Ground Foult Circuit Interruption (GFCI) merupakan circuit breaker yang punyai reaksi lebih cepat dari MCB. Komponen ini dapat memantau listrik lebih terperinci, bersama begitu sanggup meminimalisir bahaya kecuali terkandung short atau kabel terkelupas dan perihal orang.

Demikian ulasan singkat tentang LVMDP. jika ada kalimat dan penyebutan yang salah atau keliru, mohon dikoreksi dan komen dibawah dengan meng-klik post comment agar kita bisa perbaiki. semoga bermanfa'at. Terimakasih.

Penulis : Cloucia
Editor : Ardy Stania
Sumber : bermacam-macam referensi

2 Responses to "Panel LVMDP"

Anonymous said...

Tks Om dan bagi info yang bermanfaat

Anonymous said...

SIAP. LANJUTKAN